Setujukah Anda jika modal termasuk hal yang paling penting dalam menjalankan sebuah bisnis atau usaha? Ya, usaha atau bisnis pasti sangat berkaitan erat dengan modal bisnis dalam hal ini adalah dalam bentuk finansial atau dana. Dengan modal yang cukup maka rancangan bisnis atau usaha yang di rencanakan akan bisa di jalankan. Sebaliknya jika modal bisnis yang Anda miliki berkurang bahkan habis maka Anda akan kesulitan dalam menjalankan bisnus tersebut dan bisa jadi usaha Anda mandek.

Dalam menjalankan bisnis dan usaha, salah satu hal yang perlu di persiapkan adalah modal. Memang seperti yang sudah di jelaskan bahwa modal memiliki peran yang penting dalam sebuah bisnis. Namun sering kali terjadi ketika merencanakan segala sesuatu tentang usaha namun tidak bisa menjalankannya. Penyebabnya adalah kurangnya ketersediaan dana atau modal yang cukup untuk menjalankan bisnis tersebut. Seharusnya dari awal Anda sudah merencanakan beberapa hal tersebut termasuk modal.

Sekarang banyak yang menyebutkan bahwa bisnis dan usaha dapat di jalankan tanpa modal. Betul memang, ada beberapa bisnis yang menjadikan modal bukan hal utama dalam menjalankannya. Namun, dalam kenyataannya akan sangat sulit menjalankan bisnis tersebut. pada dasarnya memang setiap bisnis atau usaha membutuhkan modal yang cukup, untuk seberapa nominalnya setiap bisnis atau usaha berbeda- beda. Ada bisnis yang hanya bisa di jalankan jika dengan dana yang besar namun ada pula bisnis atau usaha yang dengan modal yang minim saja, bisnis sudah bisa di jalankan.

modal bisnis

Masalahnya saat ini adalah bukan berapa besar modal yang di butuhkan untuk menjalankan sebuah bisnis melainkan bagaimana cara mendapatkan modal dengan nominal sekian untuk bisa menjalankan bisnis tersebut. bukan hal yang mudah untuk bisa mendapatkan dana apalagi dalam jumlah yang cukup besar. sering orang terpaksa menunda rencana bisnis yang di buatnya karena tidak adanya modal yang mencukupi. Padahal pilihan tersebut bukan lah pilihan yang tepat. Saat ini yang harus di pikirkan adalah bagaimana caranya untuk mendapatkan modal tersebut dan segera menjalankan bisnis yang Anda rencanakan.

Sebenarnya ada beberapa alternatif atau pilihan yang bisa di ambil untuk menjawab kebingungan tersebut. Namun terkadang seseorang sudah menyerah sebelum berusaha terlebih dahulu. Untuk rencana usaha yang sudah matang, maka sayang jika Anda harus berhenti atau menundanya. Berikut sedikit kami berikan beberapa alternatif atau pilihan untuk mendapatkan dana untuk modal usaha atau bisnis.

Tabungan.

Sebelum menyerah dan berhenti karena masalah modal maka coba Anda perhatikan dan ingat kembali apakah Anda masih mempunyai tabungan probadi yang bisa Anda gunakan untuk menjalankan bisnis tersebut. Pilihan pertama yang paling aman dan tidak beresiko adalah menggunakan tabungan sendiri untuk mendapatkan modal usaha. Jangan takut uang tabungan Anda akan habis. Jika Anda percaya usaha atau bisnis yang Anda rencanakan menghasilkan pendapatan maka jangan berhenti dan menyerah terlebih dahulu sebelum berusaha.

Menjual Barang Pribadi

Jika Anda sudah melihat tabungan dan memang tidak ada maka Anda bisa memilih alternatif kedua. Alternatif kedua ini juga termasuk pilihan yang aman dan tidak beresiko untuk di pilih. Coba lihat apakah Anda mempunyai barang- barang berharga yang sekiranya bisa menjadi sumber dana atau modal usaha Anda. tentu barang pribadi ini bukan lah yang membuat Anda susah melakukan sesuatu. Anda bisa pilih barang- barang berharga Anda yang memang sudah tidak di gunakan lagi dan jika di jual memberikan kontribasi yang cukup untuk masalah modal Anda. Jika memang pilihan ini bkan pilihan yang terbaik maka Anda bisa mencoba pilihan selanjutnya yaitu meminjam uang atau dana.

Pinjam Dana Dari Keluarga

Keluarga tentu menjadi orang yang paling mendukung Anda ketika hendak melakukan sesuatu yang positif bukan? Coba Anda ceritakan rencana bisnis dan usaha yang akan Anda lakukan dan juga ceritakan masalah yang sedang terjadi yaitu tidak adanya modal. Dengan menceritakan rencana bisnis dan masalah yang Anda alami maka mungkin saja keluarga akan mendukung rencana bisnis yang Anda miliki dan syukur- syukur membantu Anda dalam menghadapi masalah modal Anda tersebut. meminjam dana dari keluarga juga termasuk pilihan yang aman karena keluarga pasti tidak akan menyusahkan Anda dalam membayarnya. Memang tidak bisa di anggap enteng namun setidaknya jika terdapat masalah, hanya keluarga yang mengetahuinya.

Pinjaman Dana Dari Teman

Sama dengan pilihan sebelumnya, Anda bisa memilih alternatif yang satu ini. jika Anda mempunyai teman yang sekiranya dapat membantu masalah Anda maka Anda bisa menceritakan masalah Anda tersebut kepadanya. Jika ia dapat membantu memberikan modal maka Anda akan sangat terbantu bukan? Coba Anda tawari untuk bekerja sama dengan Anda dimana Anda sebagai pengelola usaha atau bisnis tersebut sedangkan teman Anda menjadi pemilik atau pemberi modal dari usaha yang Anda jalankan. Untuk hasilnya coba Anda bicarakan baik- baik dan capai kesepakatan yang terbaik. Bagi porsi keuntungan seadil mungkin. Maka teman Anda bukan hanya di repotkan dengan Anda meminjam modal namun justru malah senang karena ia mendapat keuntungan pula. Sama saja dengan membantu di tambah dapat untung. Maka pilihan yang satu ini sangat rekomendasi untuk Anda lakukan.

Kredit Tanpa Agunan (KTA)

Terkadang melibatkan lembaga keuangan dalam urusan keuangan juga tidak ada salahnya. Anda bisa menggunakan pilihan yang satu ini jika memang pilihan- pilihan sebelumnya tidak bisa Anda gunakan. Kredit Tanpa Agunan (KTA terbaik) merupakan salah satu produk kredit bank yang bisa Anda manfaatkan untuk modal usaha atau bisnis. Untuk produk kredit yang satu ini sebenarnya kredit yang fleksibel. Jadi Anda bisa menggunakan dana pinjaman dari KTA ini untuk modal bisnis yang Anda rencanakan. Untuk jumlah pinjaman yang bisa Anda peroleh, KTA ini termasuk tidak besar hanya berkisar Rp 5 juta.

Pinjaman Kredit Usaha Mikro

Selain KTA, kredit yang bisa Anda pilih adalah kredit usaha mikro. Hampir semua bank saat ini memiliki produk kredit usaha mikro. Produk kredit ini di tujukan bagi pengusaha kecil dengan usaha yang masih dalam skala mikro. Jadi, jika Anda termasuk ke dalam kelompok usaha kecil dan menengah pilihan ini sangat di sarankan untuk Anda mendapat bantuan modal usaha. Karena dari namanya saja adalah kredit usaha mikro otomatis pinjaman dana yang bisa di berikan juga tidak lah besar. Untuk bunga kreditnya setiap bank pasti memiliki ketentuan yang berbeda- beda. Maka dari itu usahakan memilih produk kredit usaha mikro dengan suku bunga kredit terbaik.

Demikian itu ialah beberapa alternatif yang bisa Anda pilih untuk mendapatkan pinjaman dana modal usaha dengan mudah. Pilih dan gunakan alternatif yang benar- benar menguntungkan dan membentu Anda. semoga bermanfaat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *