Sebuah kesuksesan biasanya ditandai dengan usaha yang sudah besar, keuntungan yang banyak, karyawan banyak dengan kesejahteraan yang bagus dan tentu saja laba yang fantastis . Hal tersebut boleh-boleh saja dijadikan standar kesuksesan , akan tetapi terlalu mustahil jika anda inginkan dalam waktu dekat dari sebuah usaha rumahan yang baru saja anda bangun . Sebenarnya sukses bukanlah sebuah tujuan yang mudah dicapai namun merupakan suatu tahapan proses yang perlu anda lalui. Setiap tahap usaha mulai dari membuka kantor, mencari karyawan, sampai terjadinya penjualan  itu baru merupakan sebuah kesuksesan. Sukses perlu anda capai setiap hari , anda dapat belajar dari setiap proses yang anda lalui. Dengan belajar dari proses tersebut, anda sebagai pemilik usaha rumahan dapat terus melakukan perbaikan untuk memperoleh sukses pada tahapan berikutnya.

Salah satu hal yang paling  penting dari usaha yaitu data digital. Meskipun masih dalam skala usaha rumahan, namun catatan usaha sudah harus tercatat dengan rapi didalam komputer sehingga anda akan lebih mudah untuk memonitor setiap saat. Anda perlu waspada dalam menyimpan data usaha tersebut , jangan sampai dapat  diakses oleh orang yang tidak berkepentingan . Anggota keluarga juga harus anda jauhkan dari data penting ini bila tidak membutuhkannya . Jangan sampai karena alasan malas atau tidak sengaja membuat data usaha rumahan anda akan hilang terhapus. Pada dasarnya usaha rumahan perlu anda kelola secara terpisah dengan aktivitas harian diluar usaha rumahan tersebut.

usaha rumahan

Karyawan merupakan aset perusahaan yang paling berharga untuk anda . Proses mencari dan merekrut karyawan dapat anda mulai dari membuat iklan lowongan kerja melalui online maupun offline . Banyak perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan  namun tidak mencantumkan deskripsi pekerjaan yang akan dilakukan oleh pelamar dan hal tersebut tentu saja akan membuat pelamar menjadi ragu untuk melamar lowongan kerja, apalagi bila usaha Anda masih skala usaha rumahan. Pada umumnya usaha rumahan hanya mencari karyawan di sekitar rumah atau lingkungan saja. Akan tetapi , dengan semakin berkembangnya bisnis rumahan yang menguntungkan, apalagi bila usaha tersebut sudah berbasis online, maka tahap pencarian dan perekrutan tenaga profesional harus anda lakukan.

Menurut penelitian dari salah satu lembaga survey yang menyebutkan bahwa lebih dari 50 persen kegagalan sebuah usaha itu berasal dari komunikasi yang tidak baik. Salah komunikasi bisa saja terjadi pada sesama karyawan atau dengan pihak luar misalnya saja seperti pelanggan ataupun pemasok barang untuk usaha anda .  Salah dalam pengiriman barang, produk yang tidak sesuai dengan bentuk yang diminta, protes karena produk yang dijual oleh marketing tidak sesuai dengan yang ada dalam media promosi, itu semua merupakan bentuk nyata tidak baiknya komunikasi yang terjalin dalam perusahaan tersebut.

Apabila tidak bisa bertemu langsung, maka berkomunikasi lewat email dan telepon , sangat penting untuk anda lakukan secara teratur. Apabila anda  membutuhkan investasi dalam usaha rumahan, anda harus bisa menyesuaikan investasi Anda dengan utang yang akan jatuh tempo. Jangan sampai anda salah dalam mengelola keuangan sehingga terjadi arus kas yang negatif . Untuk usaha yang masih baru dimulai , usahakan anda untuk efisien dalam pengeluaran biaya operasional. Beberapa kegiatan usaha yang harus hati2 supaya dapat lebih murah adalah  dengan cara mengkoordinasi anggaran untuk promosi. Koordinasi dapat anda lakukan lewat  komunikasi online, dapat juga dalam bentuk grup chat internet messaging atau email  . Sedangkan biaya promosi lebih baik anda arahkan ke dalam bentuk pemasaran menggunakan agen demi menghemat biaya.

Sekian artikel tentang Catatan Penting Dan Pelajaran Utama Yang Harus Anda Ketahui Dalam Membangun Usaha Rumahan , semoga anda bisa mengambil pelajaran tentang isi yang ada didalam artikel diatas .

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *