Category Archives: persalinan

Umumnya usia janin normal dalam kandungan tidak kurang lebih selama 40 minggu tetapi tidak sedekit dari ibu mengandung sebelum 40minggu bayi yang dikandung harus dikeluarkan lewat rahim maupun secara caesar dan kejadian ini lebih sering dikenal dengan sebutan kelahiran prematur. Dokter selalu menyarankan agar menjaga kehamilan dengan baik agar tidak terjadi sesuatu  yang tidak diinginkan termasuk kelahiran prematur dan kebanyakan bayi yang dilahirkan secara prematur antara 28 sampai dengan 36 minggu dan seringkali mengalami masalah dalam kesehatan bayi itu sendiri.

Kelahiran bayi yang prematur sendiri dapat dikelompkkan dari waktu kelahiran menjadi 3 kategori yakni sebagai berikut

  1. Late preterm yaitu kelahiran bayi prematur dimana usia kandungan masih 34 sampai dengan 37 minggu.
  2. Very preterm yaitu usia bayi yang dilahirakan masih kurang dari 32 minggu
  3. Extremely preterm yakni bayi yang dilahirkan sementara usia jani masih kurang dari 26 minggu. Umumnya bayi yang lahir ini tidak akan bertahan lama untuk hidup kecuali dengan penangan medis yang intensive.

Lantas seperti apa ciri ciri kelahiran prematur itu sendiri. Banyak para ibu hamil tidak mengerti terutama bagi ibu hamil pertama dan masih memiliki pengetahuan tentang kehamilan masih minim.

  • Tertutup Lanugo

Rambut halus yang menempel pada tubuh bayi ketika lahir akan hilang dengan sendiri tetapi kebanyakan kelahiran bayi prematur yang ketutupan rambut halus ini akan lebih susah hilangnya bila dibandingkan dengan kelahiran normal.

  • Refleks Belum Sempurna

Ciri ciri bayi prematur karena refleks belum sempurna ketika disentuh maupun dipegang bayi tersebut akan terlambat dalam merefleknya, selain itu reflek hisap belum sempurna sehingga bayi sempurna ketika menyusui pada ibunya.

  • Memiliki kulit tipis

Bayi yang dilahirkan secara prematur memiliki kulit yang begitu tipis karena belum sempurna, jaringan pembulu darah terlihat dari jaringan kulit bayi tersebut.

Kulit bayi merah. Ketika bayi dilahirkan kebumi dalam keadaan kulit putih dan kemerahan tetapi bayi yang belum sempurna terlahir akan memiliki kulit merah bila dibandingkan dengan kulit bayi normal. Bayi yang usia kelahiran normal akan memiliki kulit putih itu dikarenakan tubuh bayi tertupi membran kulit putih dan membran ini akan hilang dengan sendirinya selang tujuh hari sedangkan pada bayi yang terlahir membran tersebut belum terbentuk sehingga bayi prematur terlihar merah.

  • Organ telinga lebih elastis

Karena organ bayi terbentuk belum sempurna, bayi yang terlahir prematur tersebut memiliki tulang telinga yang sangat elastis dan juga lunak, bayi yang usia kelahiran sempurna akan memiliki tulang telinga sedikit kaku tetapi tidak pada bayi yang usia kelahiran prematur akan terasa lunak dan juga lentur

  • Pernafasan belum sempurna

Yang paling sering terjadi pada kelahiran bayi yang prematur ialah pernafasan yang belum sempurna dan harus dimaksukkan kedalam ruangan khusus dengan diberi bantuan pernafasan selang oksigen. Hal ini disebabkan karena paru paru belum sempurna.

  • garis tangan serta garis kaki sangat tipis

Bayi yang terlahir belum sempurna memiliki garis tangan dan kaku akan terlihat samar dan halus

  • Berat badan bayi rendah

Ciri cir lain dari tanda kelahiran prematur ialah berat tubuh bayi rendah, bilamana bayi tersebut belum terlahir bobot beratnya masih bertambah dengan menyerap gizi ibu hamil yang dikonsumsi tetali bila bayi sudah terlahir beratnya sudah tidak akan bertambah lagi. Bayi yang terlahir secara prematur umumnya memiliki berat badan kurang  2500gr bahkan 2000gr.

  • Banyak tidur

Tanda persalinan /kelahiran bayi yang kurang umur akan lebih banyak tidur dari pada terbangun. Umumnya memang bayi yang baru saja dilahirkan akan lebih sering tidur dan juga bergerak namun frekuensi tidur yang terlahir secara prematur lebih tinggi bila dinbandingkan bayi yang terlahir secara normal.

  • Ukuran kepala tidak profesional

Biasanya bayi yang terlahir secara prrematur akan memiliki ukuran kepala yang tidak profesional akan terlihat lebih besar atau lebih kecil bila dibandingkan dengan ukuran bayi yang terlahir yang cukup umur.

  • Susu tubuh bayi terasa dingin

Bayi yang kelahiran prematur akan memuliki suhu tubuh yang begitu rendah Umumnya  akan dimasukkan kedalam ruangan khusus /inkubator untuk menghangatkan suhu tubuh bayi.

Penyebab terjadinya kelahiran prematur pada bayi

Setiap ibu pastinya menginginkan janin yang dikandung akan sehat sampai saat datangnya persalinan, tetapi seperti dijelaskan diatas adakalnya bayi akan terlahir sebelum waktunya 40 minggu yang menyebankan berbagai masalah.Untuk itu sebaiknya kenali penyebab kelahiran prematur pada bayi

  • Gaya hidup

Gaya hidup seorang ibu hamil sangat mempengaruhi terhadap terjadinya kelahiran prematur. Gaya hidup diyakini salah satu pemicu tercadi kalahiran yang tidak diinginkan ini, untuk itu sebaiknya anda tinggalkan kebiasaan kebiasaan yang dilarang seperti merekok, mengkonsumsi alkohol dan  memakai obat-obatan terlarang semasa kehamilan serta setres yang berlebihan.

  • Infeksi

Infeksi yang terjadi pada air ketuban maupu selaput yang menutupi bayi dapat memicu pecah sebelum waktu persalinan tiba. Dengan pecahnya air ketuban tersebut membuat sibayi bereaksi dan  kontraksi persalinan terjadi

  • Penyakit yang diderita si ibu maupun si janin

Konndisi kesehatan baik si ibu maupun janin yang dikandung salah satu pemicu terjadi kelahiran prematur. Adapun contoh penyakit penyebab terjadinya kelahiran ini darah tinggi, anemia, diabetes dan lain sebagainya.

  • Terdapatnya masalah pada tali pusar

Faktor lainnya yang memicu terjadinya kelahiran prematur yakni terdapatnya masalah pada tali pusar, bayi didalam kandungan terlilit oleh tali pusar harus segera dikelurkan untuk menyelamatkan sebayi maupun si ibu dari bayi tersebut.

Pencegahan terhadap kelahiran prematur

beriktu tips menghindari terjadinya kelahiran prematur

  1. Menjaga keseimbangan berat tubuh
  2. Menjaga kebersihan
  3. Jangan terlambat makan
  4. Vaksin
  5. jaga pola hidup sehat
  6. mengkonsumi air putih yang cukup
  7. Periksa kehamilan secara berkala
  8. Konsumsi vitamin
  9. Hindari aktivitas yang berlebihan
  10. Jangan terlalu setres yang berlebihan

Sekian …

Doa ibu hamil agar diberikan anak perempuan

Setiap orang tua selalu berdoa kepada allah agar anakny diberikan allah yang terbaik tidak terkecuali anak yang masih dalam kandungan. Saat masih dalam kandungan ibu hamil selalu berdoa katika anaknya lahir dan tumbuh besar menjadi anak yang sholeh dan sholeha serta berbakti kepada kedua orang tua, agama dan bangsa. Do’a kita yang kita panjatkan memang tidak seorangpun yang tau kapan allah akan menjabahnya karena itu merupakan hak peto yang tidak bisa diganggu gugat makhluk ciptaanya, akan tetapi allah berfirman dalam surat [QS Ghafir: 60] yang artinya berdo’lah kepadaku niscaya aku akan kabulkan (do’a) untukmu. Dari arti ayat diatas jelas allah menyuruh kita untuk berdoa kepadanya tidak terkecuali doa ibu hamil.

Untuk anda yang sekarang menginkan agar dikarunia anak perempuan maka banyak banyak berdo’ kepada allah dan jangan bosan untuk meminta kepada allah karena sesuai janjinya niscaya allah akan menepati janjinya. Berikut ini saya akan menulis beberapa doa untuk anda lafalkan agar diberi keturunan anak perempuan.

doa ibu hamil

Doa ibu hamil agar diberikan keturunan anak perempuan

Doa ibu hamil

وَالَّذِينَ يَقُولُونَ رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ أَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا قُرَّةَ أَعْيُنٍ وَاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِينَ إِمَاماً

artinya: Ya Tuhan kami, anugrahkan-lah kepada kami isteri-isteri kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang bertakwa.

Baca juga: Obat batuk untuk ibu hamil dan menyusui yang aman untuk bayi

Doa ibu hamil agar diberi keurunan  anak perempuan

adapun doa yang dibaca bila mnegingkan anak perepuan adalah dengan membaca ayat ayat al-qur’an terutama memabaca suray maryam. Dengan membaca surat maryam tersebut anda berdoa kepada allah semoga diberi keturuanan anak perempuan yang sholeha seperti halnya siti maryam yang selalu berdoa dan berserah diri kepada allah swt.

Doa ibu hamil agar diberikan keturunan anak laki laki

Bagi jenis kelamin yang satu ini, biasanya ibu hamil akan selalu membacakan ayat suci Al-Qur’an tepatnya pada surat Yusuf. Hal ini ditujukan sebagai bentuk doa ibu hamil untuk anaknya, agar kelak anaknya yang terlahir ke bumi dapat menjadi manusia yang gagah, tampan, sholeh, berbakti pada orang tua, dan juga menyayangi saudara-saudaranya seperti halnya Nabi Yusuf AS. Yang memang dikisahkan dalam surat tersebut.

Demikian pembahasan kali ini semoga dapat membantu dan kiranya allah memberikan keturunan anak perempuan bagi anda yang menginginkan keturunan perempuan, terimakasih.

Larangan Ibu Hamil_Bagi anda yang saat ini sedang hamil muda yakni usia kandungan antara 1 bulan sampai dengan 3bulan, sebaiknya anda memperhatikan kehamilan anda agar tidak melakukan hal hal yang dilarang. Hal yang dilarang disini yaitu hal yang dihindari seorang ibu hamil muda demi kesehatan serta keselamatan janin maupun sang ibu.Tulisan kali yang harus dihindari untuk ibu hamil muda yang berhubungan dengan aktivitas dan kegiatan dalam keseharian.

Tidak bisa dipungkiri setiap aktivitas yang dilakukan seorang ibu hamil sedikit banyak mempengaruhi terhadap kodisi kehamilan baik dalam hal yang posistive maupun negative. Selain dari kondisi kesehatan dan mental seorang ibu juga berpengaruh terhadap janin yang dikandungnya. Untuk itu ada beberapa aktivitas tertentu sebaiknya tidak dilakukan untuk menjaga kehamilan anda yakni seperti berikut:

larangan ibu hamil muda

  • Bunyi suara yang keras.

Bunyi suara yang terlalu keras atau suara yang terlalu berisik sebaiknya dihindari bagi seorang ibu hamul muda karena dikhawatirkan membuat fisik sang ibu menjadi melemah terutama saat berada dikeramaian atau saat berada dipesta. Dampak yang ditimbulkan apabila suara bising terus menerus di dengar sang ibu berpengaruh terhadap pendengaran sang bayi terutama usia kehamilan trimester pertama.

Baca juga: Makanan ibu hamil muda agar anak cerdas ketika lahir dan besar

  • Larangan ibu hamil yang kedua yaitu naik sepeda.

Melakukan aktivitas naik sepeda memang dapat membuat tubuh menjadi bugar serta pikiran kita menjadi presh, tetapi khusus untuk ibu hamil terutama yang usia kehamilan memasuki trimester kedua, perut ibu hamul tampak semakin besar resiko untuk keguguran pun semakin besar , untuk itu ada baiknya anda jangan mengendarai sepeda selama masa kehamilan.

 

Untuk anda yang akan segera melakukan persalinan dan bingung dengan biaya persalinan yang tinggi kami siap membantu melalui pinjaman tanpa jaminan.

  • Larangan selanjutnya adalah Dehidrasi

Disaat kita mengalami dehidrasi tentu kita akan merasa haus dan ingin minum sebaiknya untuk ibu hamil membawa persedian air minum terutama bepergian misalkan jalan-jalan, bekerja, shoping dan lain sebagainya. Dehidrasi pada ibu hamil dapat mengganggu perkembangan janin yang dikandung.

merokok dan Mengkonsumsi minuman alkohol.

Merokok dan mengkonsumsi minumana yang mengadung alkohol sebaiknya anda hindari karena dapat beresiko terhadap janin anda, kemungkina terburuk dari mengkonsumsi alkohol ini adalah keguguran. larangan ibu hamil

Saya kira itu sedikit dari sekian banyak yang harus dihindari saat hamil muda maupun usia kehamilan memasuki trimester kedua dan trimester ke tiga. terimakasih

Banyak yang mengatakan dan sepakat seorang ibu hamil serta wanita yang ingin hendak hamil dilarang mengkonsumsi kafein, karena kafein bisa berdampak buruk terhadap kandudungan salah satu dampak terburuk yaitu mengalami keguguran, tetapi seiring perkembangan jaman dengan hadirnya peneliti peneliti baru tidak semua kafein itu tidak aman dikonsumsi bagi ibu hamil maupun bagi yang ingin hamil. Walaupun kafein termasuk kategori aman untuk dikonsumsi sebaiknya anda mengurangi dalam keseharian kamu dalam mengkonsumsi kofi meski kamu tergolong penikmat sekaligus pecandu kofi sebaiknya demi kesehatan bayi yang ada dalam kandungan sebaiknya dibatasi saja yakni kurang dari 200 mg atau 12 0ns-cangkir kofi.

ibu hamil

Menurut penelitian dijerman yang dirilis melalui  babycenter.com yang berisi adanya resiko bayi meninggal setelah beberapa jam kelahirannya dibandingkan dengan dua kali lipat pada waniata yang mengkonsumso kafein antara 5 sampai dengan 8 cangkir kopi setiap harinya. Dalam penelitian ini menyimpulkan yaitu bayi yang lahir melalui wanita yang mengkonsumsi kafein lebih dari 500mg per-harinya memiliki detak jantung serta pernapasan yang lebih tinggi bila dibandingkan dengan wanita melahirkan yang memiliki riwayat tidak mengkonsumsi kafein.

Efek yang ditimbulkan meminum kofi selain dapat membuat anda susah tidur dengan mengkonsumsi kafein yang berdampak pada detak jantung lebih cepat serta dapat menyebabkan heartburn/ terasa panas dibagian perut dengan merangsang sekresi aram lambung. Efek mengkonsumsi kafein yang terlalu banyak bagi seorang wanita hamil terasa saat memasuki kehamilan  trimester pertama karena kemampuan tubuh anda untuk mengurai kafein berkurang, dan pada akhirnya anda berujung pada tingkat yang lebih tinggi pada aliran darah anda. Pada trimester kedua dibutuhkan hampir dua kali lipat untuk mengurai kafein yang ada dalam tubuh anda. Info tambahan untuk biaya persalinan anda bisa dapatkan melalui pinjaman tanpa jaminan

Sementara Untruk trimester ketiga dibutuhakan hampir tiga kali lipat untuk mengurai kafein yang ada dalam tubuh anda sehingga lama. Hal tentu mempengaruhi jumlah kafein yang melalui flasenta serta bayi anda yang kemungkinan besar tidak bisa memperoses secara efisien. Zat yang mengandung kafein memiliki senyawa yang disebut dengan fenol yang berdampak pada tubuh anda susah menyerap zar besi, sementara zat besi sangat dibutuhkan untuk seorang ibu hamil.

Kesimpulan

Meski kafein tergolong aman dikonsumsi bagi ibu hamil sebaiknya demi kesehatan anda khusunya bayi dalam kandungan anda lebih baik dikurangi karena sesuai dengan pembahasan diatas kafein mempunyai dampak buruk terhadap kehamilan. Demikian pembahasan kali ini semoga bermanfaat dalam memberikan informasi dan terimakasih.

Mekanisme persalinan normal adalah tahapan gerakan pasif janin yang terhadi saat persalinan berupa penyesuaian bagian bawah (kepala) janin terhadap jalan lahir atau panggul pada saat melewati jalan lahir. Pada umumnya gerakan-gerakan yang sering terjadi pada mekanisme persalinan adalah

  1. Engagement
  2. Penurunan kepala
  3. Fleksi
  4. Rotasi dalam (putaran paksi dalam)
  5. Ekstensi
  6. Ekspulsi
  7. Rotasi luar (putaran paksi luar).

Saat persalinan berlangsung, ada beberapa gerakan terjadi secara bersamaan, tetapi akan lebih baik bila kita ulas satu demi satu agar lebih mengerti.

  • Engagement

Engangement adalah gerakan ketika diameter biparietal melalui pintu atas panggul dengan sutura sagitalis melintang/oblik di dalam jalan lahir dan sedikit fleksi. biasanya Engangement pada primigravida terjadi pada bulan terakhir kehamilan sedangkan pada multigravidaakan terjadi pada awal persalinan.

  • Penurunan Kepala

Pada primigravida, masuknya kepala melalui pintu atas panggul umumnya terjadi pada bulan terakhir dari kehamilan, tetapi pada multigravida biasanya baru terjadi pada permulaan persalinan. Masuknya kepala ke dalam PAP, biasanya dengan suturu sagitalis melintang dan dengan fleksi yang ringan.
Pada sinklitismus, os parietal depan dan belakang sama tingginya. Jika sutura sagitalis agak ke depan mendekati simfisis atau agak ke belakang mendekati promotorium, maka di katakan kepala dalam keadaaan asinklitismus, ada dua jenis asinklitismus yaitu sebagai berikut.

  • Asinklitismus posterior ; bila sutura sagitalis mendekati simfisis dan os. Parietal belakang lebih renda dari os. Parietal depan.
  • Asinklitismus anterior ; bila sutura sagitalis mendekati promontorium sehingga os parietal depan lebih rendah dari os.parietal belakang.

Pada derajat sedang asinklitismus pasti terjadi pada persalinan normal,tetapi bila berat gerakan ini dapat menimbulkan disproporsi sepalopelvis dengan panggul yang berukuran normal sekalipun.
Penurunan kepala lebih lanjut terjadi pada kala I dan kala II persalianan. Hal ini disebabkan karena adanya kontraksi dan retraksi dari segmen atas rahim, yang menyebabkan tekanan langsung fundus pada bokong janin. Dalam waktu yang bersamaan terjadi relaksasi dari segmen bawah rahim sehingga terjadi penipisan dan dilatasi serviks. Keadaan ini menyebabkan bayi terdorong ke dalam jalan lahir. Penurunan kepala ini juga disebabkan karena tekanan cairan intrauterin,kekuatan meneran, atau adanya kontraksi otot-otot abdomen dan melurusnya badan anak.

  • Fleksi

Pada awal persalinan,kepala bayi dalam keadaan fleksi yang ringan. Dengan majunya kepala biasanya fleksi juga bertambah. Pada pergerakan ini,dagu dibawa lebih dekat ke arah dada janin sehingga ubun-ubun kecil lebih rendah dari ubun-ubun besar. Hal ini disebabkan karena adanya tahanan dari dinding serviks,dinding pelvis,dan lantai pelvis dengan adanya fleksi, diameter suboccipito bregmatika (9,5 cm) menggantikan diameter suboccipito frontalis (11 cm). Sampai di dasar panggul, biasanya kepala janin berada dalam keadaan fleksi maksimal.
Ada beberapa teori yang menjelaskan mengapa fleksi bisa terjadi. Fleksi ini disebabkan karena anak di dorong maju dan sebaliknya mendapat tahanan dari serviks,dinding panggul, atau dasar panggul. Akibat dari keadaan ini terjadilah fleksi.

  • Rotasi Dalam (Putaran Paksi Dalam)

Putaran paksi dalam adalah pemutaran dari bagian depan sedemikian rupa sehingga bagian terendah dari bagian depan janin memutar ke depan bawah simfisis. Pada presentasi belakang kepala, bagian yang terendah ialah daerah ubun-ubun kecil dan bagian inilah yang akan memutar kedepan ke arah simfisis. Rotasi dalam penting untuk menyelesaikan persalinan karena merupakan suatu usaha untuk menyesuaikan posisi kepala dengan bentuk jalan lahir khususnya bidang tengah dan pintu bawah panggul.

  • Ekstensi

Sesudah kepala janin sampai di dasar panggul dan ubun-ubun kecil berada di bawah simfisis, maka terjadilah ekstensi dari kepala janin. Hal ini di sebabkan karena sumbu jalan lahir pada pintu bawah panggul mengarah ke depan dan ke atas sehingga kepala harus mengadakan fleksi untuk melewatinya. Jika kepala yang fleksi penuh pada waktu mencapai dasar panggul tidak melakukan ekstensi,maka kepala akan tertekan pada perineum dan dapat menebusnya.
Suboksiput yang tertahan pada pinggir bawah simfisis akan menjadi pusat pemutaran (hypomochlion), maka lahirlah berturut-turut pada pinggir atas perineum: ubub-ubun besar,dahi,hidung,mulut,dan dagu bayi dengan gerakan ekstensi.

  • Rotasi Luar (Putaran Paksi Luar)

mekanisme persalinan normal

Kepala yang sudah lahir selanjutnya mengalami restitusi yaitu kepala bayi memutar kembali kearah punggung anak untuk menghilangkan torsi pada leher yang terjadi karena putaran paksi dalam. Bahu melintasi pintu dalam keadaan miring. Di dalam rongga panggul, bahu akan menyesuaikan diri dengan bentuk panggul yang di laluinya sehingga di dasar panggul setelah kepala bayi lahir,bahu mengalami putarandalam di mana ukuran bahu (diameter bisa kromial) menempatkan diri dalam diameter anteroposterior dari pintu bawah panggul. Bersamaan dengan itu kepala bayi juga melanjutkan putaran hingga belakang kepala berhadapan dengan tuber iskiadikum sepihak. informasi tambahan apabila butuh dana untuk biaya persalinan baik persalinan normal maupun secara caesar bisa kami bantu melalui pinjaman tanpa agunan

  • Ekspulsi

Setelah putaran paksi luar,bahu depan sampai di bawah simfisis dan menjadi hipomochlion untuk kelahiran bahu belakang. Setelah kedua bahu bayi lahir,selanjutnya seluruh badan bayi di lahirkan searah dengan sumbu jalan lahir.
Dengan kontraksi yang efektif, fleksi kepala yang adekuat, dan janin dengan ukuran yang rata-rata,sebagian besar oksiput yang posisinya posterior berputar cepat segera setelah mencapai dasar panggul sehingga persalinan tidak begitu bertambah panjang. Akan tetapi, pada kira-kira 5-10% kasus, keadaan yang menguntungkan ini tidak terjadi. Sebagai contoh kontraksi yang buruk atau fleksi kepala yang salah atau keduanya, rotasi mungkin tidak sempurna atau mungkin tidak terjadi sama sekali, khususnya kalau janin besar.

demikian tentang Mekanisme persalinan normal panggul dan fetal skull.