PersiapanTabungan Pendidikan  – Saat ini , biaya pendidikan terus menerus naik dari jenjang yang paling bawah sampai jenjang yang paling atas . Dan tentu saja hal ini menjadi sebuah masalah  keuangan untuk para masyarakat. Terutama, bagi orang tua dalam menyiapkan dana pendidikan untuk membiayai dan memberikan pendidikan yang layak terhadap anak-anak mereka . Nyatanya, di indonesia itu bersekolah tidak sepenuhnya gratis , tentu ada juga biaya yang perlu dibayarkan misalnya saja biaya gedung, uang buku, biaya praktek, sampai kebutuhan sekolah yang  lain .

Meskipun di Indonesia telah memberlakukan biaya pendidikan gratis, namun pada kenyataannya itu hanya berlaku untuk biaya SPP atau Sumbangan Pembinaan Pendidikan saja. Oleh sebab itu biaya pendidikan mulai dari TK, SD, SMP, SMA/K dan juga perguruan tinggi terus mengalami kenaikan. Berdasarkan penelitian dari Badan Pusat Statistik atau BPS , kenaikan biaya pendidikan di Indonesia saat ini sudah mencapai 10 persen per tahun. Bahkan, biaya pendidikan di tingkat perguruan tinggi sekarang ini juga semakin mahal, biayanya mencapai sekitar puluhan juta rupiah .

Sadar dengan semakin mahalnya biaya pendidikan di masa yang akan datang ,  orang tua ataupun calon orang tua sebaiknya mulai cerdas dalam mengatasi kenaikan biaya pendidikan. Solusinya adalah mulai sejak awal anda harus melatih diri Anda untuk cerdas dalam mengatur dan menyiapkan keuangan dengan baik, dan pastikan Anda sudah mempunyai tabungan pendidikan. Cara sederhana untuk mempersiapkan tabungan pendidikan dengan cara menabung di bank saat ini bukanlah sebuah cara yang tepat .

Karena , pasti ada faktor inflasi yang akan membuat nilai uang di tabungan terkuras , lalu ditambah lagi dengan potongan biaya administrasi perbankan dan biaya potongan yang lainnya. Oleh sebab  itu, anda membutuhkan cara yang tepat dalam menyiapkan tabungan pendidikan supaya uang atau dana yang Anda siapkan tidak habis oleh inflasi. Salah satu cara tepat dalam menyiapkan tabungan pendidikan yaitu lewat instrumen investasi reksadana. Tujuannya karena reksadana adalah sebuah produk investasi pasar modal yang bisa memberikan imbal balik lebih tinggi dibandingkan dengan produk bank yang lain seperti tabungan serta deposito.

Disamping  itu, reksadana juga merupakan investasi pasar modal yang aman, mudah dilakukan dan dapat dilakukan dengan modal minim , yaitu mulai dari 100 ribu rupiah saja anda sudah bisa memulainya . Memilih investasi yang tepat menjadi hal penting supaya keuntungan atau return yang diperoleh juga hasilnya memuaskan . Ada 2 jenis reksadana yang tepat untuk dijadikan pilihan tabungan pendidikan, yaitu reksadana saham dan juga reksadana pasar uang. Sebelum melakukan investasi, alangkah baiknya Anda memahami dan mengenali produk reksadana yang dipilih supaya tabungan pendidikan Anda dapat  menghasilkan return yang maksimal .

Berikut ini akan saya sampaikan beberapa perbedaan antara reksadana saham dengan reksadana pasar uang dalam kaitannya sebagai instrumen investasi untuk tabungan pendidikan yang harus anda ketahui ;

Pertama yaitu Tentang Reksadana Saham

Reksadana saham sudah banyak dikenal dengan reksadana yang bisa memberikan keuntungan yang tinggi namun juga  risiko yang tinggi pula dibandingkan reksadana pasar uang. Dana pemodal akan diinvestasikan dalam bentuk portofolio efek saham yang sudah terdaftar. Tidak membutuhkan modal besar untuk mulai investasi saham di reksadana ini , anda hanya membutuhkan modal 100 ribu rupiah maka  Anda sudah dapat berinvestasi.

Cara dalam memilih reksadana saham yaitu dengan memperhatikan kinerja reksadana di periode sebelumnya. Anda bisa memantau kinerja reksadana saham tersebut apakah selalu stabil berada di atas performa indeks pasar atau justru  sebaliknya. Anda juga harus memahami perkiraan perekonomian di masa yang akan datang dan dampaknya terhadap bisnis perusahaan yang sahamnya ada di daftar reksadana saham Anda.

Reksadana saham ini sangat cocok untuk dijadikan pilihan investasi tabungan pendidikan anda . Alasannya karena reksadana saham mempunyai potensi hasil investasi tinggi dalam jangka panjang. Contohnya, jika kenaikan biaya pendidikan sebesar 10 sampai 15 persen  per tahun maka kinerja reksadana saham  bisa memberikan return di atas 20 persen per tahun. Hasil dari investasi reksadana saham ini jauh lebih tinggi daripada  reksadana pasar uang, sebab reksdana pasar uang hanya akan mendapatkan return di bawah 10 persen .

Tingkat return ini sangat tepat untuk mengimbangi kenaikan biaya pendidikan yang lumayan besar . Sehingga reksadana saham memang sangat tepat untuk anda pilih untuk tujuan keuangan tabungan pendidikan Anda  berjangka waktu 5 sampai 10 tahun yang akan datang .

Kedua yaitu Tentang Reksadana Pasar Uang

Reksadana pasar uang sudah banyak dikenal sebagai reksadana yang paling aman sebab dana pemodal akan diinvestasikan ke dalam instrumen pasar uang seperti Sertifikat Bank Indonesia atau SBI , Obligasi , dan Deposito Berjangka dengan jatuh tempo di bawah satu tahun. Reksadana pasar uang mempunyai risiko lebih kecil daripada reksadana saham. Dengan modal mulai dari 100  ribu rupiah , Anda sudah dapat berinvestasi reksadana pasar uang.

Dari segi hasil investasi, reksadana pasar uang mempunyai return yang lebih tinggi dibandingkan dengan deposito bank. Disamping itu, ada kelebihan lainnya yaitu dapat dicairkan kapan saja tanpa ada sistem jatuh tempo. Pada umumnya , kinerja hasil investasi reksadana pasar uang diproyeksikan akan menghasilkan return di bawah 10 persen per tahun.

Cara memilih reksadana pasar uang secara tepat yaitu dengan cara melihat kembali tujuan keuangan Anda. Reksadana pasar uang cocok untuk  menjadi pilihan dalam mempersiapkan dana pendidikan dengan waktu jangka pendek yaitu satu sampai dua tahun. Meskipun , potensi yang dihasilkan dari investasi reksadana pasar uang dalam jangka panjang tidak setinggi reksadana saham, akan tetapi hasil investasinya masih jauh lebih menarik daripada tabungan dan deposito bank lainnya .

Cara sukses untuk menyiapkan tabungan pendidikan lewat investasi reksadana yaitu  dengan memulai berinvestasi sejak awal . Anda harus memahami dan memilih reksadana sesuai dengan tujuan keuangan dan profil risiko Anda.  Semua itu di mulai dari diri anda sendiri , anda bisa mewujudkan semua impian anda dengan persiapan dan strategi keuangan yang tepat, salah satunya yaitu dengan investasi reksadana.

Selagi anda masih muda ini merupakan waktu yang tepat untuk anda dalam memulai investasi dan menikmati hasil dari investasi anda di masa yang akan datang sebab mempersiapkan baiya pendidikan sendiri itu lebih baik daripada nanti ketika anda sudah menjadi orang tua . Bayangkan saja jika hasil investasi yang anda peroleh dalam jangka panjang, nilainya tentu akan naik berkali-kali lipat . Semua itu memang berawal dari niat dan tekad agar dapat tercapai yang anda inginkan , anda juga bisa mencari informasi tentang investasi reksadana melalui internet .

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *