Ketika mengambil suatu keputusan tentu kelebihan dan kekurangan maupun resiko yang ada di dalam memutuskan hal tersebut. Kuntungan, kekurangan dan resiko akan selalu di pertimbangkan untuk mendapatkan keputusan terbaik. Perkara tersebut juga harus di lakukan ketika hendak memutuskan untuk menggunakan produk kredit yang ada di bank. Mengapa? Karena banyak hal yang perlu di pertimbangkan dalam memutuskan apakah akan menggunakan produk kredit atau tidak. Pertimbangan ini harus di lakukan dengan benar- benar agar tidak menyesal nantinya.

kta

Mengulas tentang produk kredit, salah satu produk kredit yang banyak di tawarkan dan di minati oleh banyak orang adalah produk Kredit Tanpa Agunan (KTA). Produk Kredit Tanpa Agunan atau KTA ini memang banyak di tawarkan oleh lembaga keuangan baik bank maupun non bank. Tentu dengan tawaran dan fasilitas menarik yang di berikan membuat masyarakat mulai tertarik. Tetapi meskipun begitu, sebaiknya Anda bukan hanya pertimbangkan dari segi fasilitas yang di tawarkan oleh pihak bank. Karena biasanya marketing bank yang menawarkan kepada Anda untuk bisa Anda tertarik mereka hanya memberikan keuntungan- keuntungan saja jika Anda menggunakan produk tersebut. seperti yang di ketahui, produk KTA saat ini sudah ada di hampir semua bank yang ada di Indonesia. Produk KTA yang ada di bank pun di tawarkan dengan banyak fasilitas yang membuat nasabah mudah tertarik. Produk perbankan terus berkembang dan semakin inovatif untuk menarik nasabah. Salah satu dari produk perbankan tersebut adalah produk pinjaman tanpa jaminan atau yang sering di sebut dengan KTA. Produk kredit ini terkenal dengan banyak kelebihan yang ada.

Namun sebelum lebih dalam, perlu kita ketahui apa sih produk KTA ini? Produk Pinjaman Tanpa Jaminan atau yang sering disebut dengan KTA merupakan salah satu produk berupa pinjaman uang secara tunai namun tidak menyertakan aset sebagai jaminan untuk bisa mengajukan pinjaman KTA ini. dari situ, kita sudah bisa mengetahui bahwa kelebihan yang paling menonjol dari produk KTA ini adalah bahwa tidak menggukana syarat harus menyertakan aset sebagai jaminannya. Tetapi selain kelebihan tersebut, produk KTA ini memiliki kelebihan- kelebihan lain. selain tidak menggunakan aset sebagai jaminan, untuk syarat- syarat pengajuan KTAnya juga termasuk cukup mudah di bandingkan dengan syarat yang ada di produk lain. Selain itu, keuntungan lain yang telah di sebutkan di atas adalah cepatnya proses pencairan dananya. Namun untuk secara detail persyaratnnya setiap bank memiliki kebijakannya masing- masing dalam menentukan syarat dan lamanya proses pencairan dananya. Jika Anda pernah mendengar bahwa untuk pengajuan KTA ini juga membutuhkan kartu kredit, ya memang sebagian bank mewajibkan nasabah untuk memiliki kartu kredit ketika melakukan pengajuan kredit. Namun sebenarnya ada pula yang tidak mewajibkan nasabahnya untuk harus memiliki kartu kredit ketika hendak mengajukan kredit ini. Hal tersebut di lakukan dengan tujuan untuk melihat bagaimana riwayat kredit dari seorang nasabah melalui kartu kreditnya.

Jika tadi di sebutkan bahwa proses pencairannya relatif cepat, dikarenakan limit kredit yang di berikan oleh bank tidak sebesar limit kredit yang ada pada produk kredit lain. Biasanya untuk proses pencairan dana dari KTA ini hanya berkisar dari 7 hari hingga 2 minggu untuk maksimalnya. Namun untuk berapa lamanya Anda bisa melakukan pencairan dana juga tergantung pada pemenuhan syarat- syaratnya. Jadi jika Anda menginginkan proses pengajuan kredit Anda semakin cepat maka usahakan bahwa Anda melengkapi seluruh syarat dan berkas atau dokumen yang wajib untuk di sertakan. Dengan begitu, Anda bisa memanfaatkan KTA sebegai cadangan ketika ada kebutuhan mendesak. Tetapi, meskipun ada banyak kelebihan yang ada di produk Kredit Tanpa Agunan (KTA) ini, Anda juga harus melihat dan mempertimbangkan resiko- resiko yang bisa terjadi jika menggunakan KTA ini. Resiko ini harus lah Anda ketahui dan menjadi pertimbangan Anda dengan baik. jangan sampai hanya melihat sisi keuntungannya saja namun harus seimbang baik dari keuntungan dan resikonya. Berikut kami berikan resiko yang ada pada produk KTA. selamat menyimak.

Suku Bunga yang lebih tinggi.

Karena produk pinjaman ini tidak menggunakan aset sebagai jaminannya maka wajar saja jika suku bunga yang di bebankan lebih tinggi dari produk kredt lain yang menggunakan jaminan. Karena jika dalam produk kredit lain menggunakan agunan atau jaminan atas pinjamannya, ketika terjadi kredit macet atau gagal bayar maka pihak bank bisa saja mengambil alih dari jaminan tersebut. bisa di bilang bahwa tingginya suku bunga ini sebagai pengganti dari tidak adanya aset sebagai jaminannya. Hal ini harus pula menajdi pertimbangan Anda ketika hendak memutuskan menggunakan produk KTA.

Tenor yang pendek.

Hal ini bisa saja menjadi pertimbangan tersendiri bagi Anda yang akan menggunakan pinjaman tanpa jaminan. Biasanya rata- rata pinjaman KTA mempunyai tenor paling lama tahun. Hal ini berbeda dengan produk kredit yang menggunakan agunan, bisa mencapai lebih dari 10 tahun. Lagi- lagi sama alasannya yaitu tidak adanya aset sebagai jaminannya, yaitu merupakan suatu cara untuk memperkecil risiko kredit macet dan pihak nasabah bisa segera melunasi hutang- hutangnya.

Limit kredit yang rendah

Selain tenor, limit kredit yang ada pada produk kredit ini juga termasuk rendah. Limit kredit yang bisa di berikan oleh bank hanya di bawah dari Rp 100 juta. Untuk secara detail nominalnya, setiap bank memiki ketentuan masing- masing. Memang hal ini juga di dasarkan pada karena produk pinjaman tanpa jaminan ini tidak menggunakan aset sebagai jaminannya. Jadi, tidak mungkin bank begitu saja dapat memberikan kredit atau pinjaman dengan jumlah besar namun tidak ada jaminannya. Namun untuk berapa nominal yang dapat Anda terima atau di setujui oleh bank, hal tersebut tergantung pada kemampuan bayar Anda yang di lihat dari penghasilan yang Anda peroleh.

Adanya Pinalti dan denda.

Resiko dan kekurangan dari produk KTA ini adalah adanya pinalti dan denda yang cukup tinggi jika tidak sesuai dengan ketentuan yang telah di sepakati. Ketika Anda melunasi hutang Anda lebih awal dari ketentuan yang telah di sepakati maka Anda akan di kenakan biaya pinalti. Selain itu, jika Anda melakukan keterlambatan dalam membayar angsuran atau cicilan setiap bulannya maka Anda akan di kenakan denda keterlambatan yang cukup tinggi. yang terakhir ketika Anda menggunakan Kredit Tanpa Agunan adalah sanksi atau denda keterlambatan yang cukup tinggi. Dan biasanya denda keterlambatan ini di hitung per hari berdasarkan jumlah hari keterlambatan.

Itu lah beberapa resiko atau kekurangan yang ada di produk Kredit Tanpa Agunan (KTA). akan lebih baik selain Anda melihat keuntungan dari produk KTA ini namun resiko dan kekurangan yang ada di KTA ini juga menjadi pertimbangan. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *