Banyak jenis investasi yang dapat di jalankan oleh orang, salah satunya adalah pasar modal. pasar modal tentu bukan merupakan hal yang asing di telinga kita. Jenis investasi yang satu ini memang sudah populer di kalangan masyarakat yang akan menjalankan sebuah in-vestasi. Namun meskipun sudah tidak asing lagi katanya di telinga masyarakat, banyak pula yang belum tahu mengenai jenis in-vestasi yang satu ini baik informasi secara dasarnya maupun informasi secara lengkap mengenai jenis pasar modal ini.

Investasi Pasar Modal.

Apa itu in-vestasi pasar modal? pasar modal ialah in-vestasi yang dilakukan di pasar modal. Di pasar modal termasuk dalam salah satu investasi yang paling sering di pilih oleh para investor. Memang, proses dalam menjalankannya termasuk rumit dan agak ribet di bandingkan dengan jenis yang lain. untuk di pasar modal ini termasuk investasi yang menjanjikan keuntungan yang besar. Maka tidak heran jika banyak investor yang lebih memilih pasar modal ini untuk merauk keuntungan yang besar. Saham menjadi in-vestasi favorit di antara yang lain. dalam investasi ini, investor akan memberikan modalnya yang di gunakan membeli saham di perusahaan- perusahaan yang menawarkan sahamnya.

Pihak Yang Terlibat Dalam Investasi Pasar Modal.

Berbicara mengenai pasar modal, tentu banyak hal yang bisa di bahas. Banyak pihak yang di terlibat dalam pasar modal. Bukan hanya investor saja yang terlibat dalam pasar modal melainkan banyak juga pihak yang terlibat dalam menjalankan investasi pasar modal. Pengusaha- pengusaha besar biasanya menyertakan modalnya untuk di investasikan. Nah, sebagai sarana dalam melakukan-nya, Anda wajib mengetahui tahu siapa saja pihak yang terkait dengan kegiatan investasi di Pasar Modal. Jika dalam pasar umum adalah tempat bertemunya pedangan atau penjual dengan pembeli. Dalam  pasar modal ini bukan hanya sekedar penjual dan pembeli saham saja melainkan ada banyak pihak yang juga berhubungan dengan pasar modal. Berikut beberapa pelaku pasar modal.

Sudah di ketahui bahwa pihak yang pasti ada dalam pasar modal adalah para investor atau pihak yang menyertakan modalnya, kemudian ada emiten atau pihak atau perusahaan yang menawarkan sahamnya untuk dijual kepada investor. Namun selain itu, ada lagi pelaku dalam pasar modal di antaranya.

Bursa Efek Indonesia (BEI)

Bursa Efek Indonesia (BEI) dapat di sebut sebagai pihak yang menyediakan kegiatan investasi yang ada dalam pasar modal atau tempat melakukan in-vestasi pasar modal.

Kliring Penjaminan Efek Indonesia (KPEI)

Hampir sama seperti BEI, Kliring Penjaminan Efek Indonesia berperan sebagai penyelenggara kegiatan investasi di pasar modal khususnya kliring.

Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI)

Kustodian Sentral Efek Indonesia ialah jenis bank yang mengelola berbagai jenis investasi.

Lembaga Penunjang

Biro Administrasi Efek

Bertugas mencatat kepemilikan efek dan pembagian hak yang di dapatkan dari efek.

Kustodian

Lembaga ini menjadi wadah penitipan efek dari investor, perwakilan dari para pemodal dalam menerima deviden.

Wali Amanat

Wali Amanat bertugas sebagai wali dari pemegang efek yang berhubungan dengan hutang.

Pemeringkat Efek

Lembaga penunjang ini berperan sebagai lembaga yang menilai efek di pasar modal yang sifatnya hutang.

Profesi Penunjang

Penilai, adalah pihak yang bertugas melaporkan hasil penilaian dan mencatatnya.

Akuntan, adalah pihak yang membuat laporan keuangan audit.

Notaris, bertugas melegalisasi dokumen-dokumen perusahaan yang bermain efek.

Konsultan hukum, adalah pihak yang bertugas menyediakan laporan legal audit.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *