Menjalankan bisnis dan menjadikan bisnis itu sukses dan berhasil bukan suatu hal yang mudah. Kita di tuntut untuk memberikan kemampuan yang terbaik dalam menjalankannya. Banyak faktor yang menentukan berhasil atau tidaknya suatu usaha atau bisnis dan salah satunya adalah faktor rekan atau partner bisnis. Partner bisnis merupakan orang yang juga berperan dalam keberhasilan usaha Anda. apalagi jika usah atau bisnis yang Anda lakukan tidak bisa jika Anda saja yang menjalankan melainkan harus menggandeng orang untuk menjadi partner untuk menjalankan bisnis tersebut.

Namun ketika memilih seorang partner bisnis yang tepat bukanlah hal yang mudah. Jika dalam hidup kita memilih pasangan untuk mengarungi dan menjalani kehidupan bersama, tak lain halnya dengan memilih pasangan dalam bisnis. Anda harus memilih pasangan yang benar- benar bisa membawa usaha menuju ke keberhasilan. Karena ketika memutuskan untuk menggandeng pasangan bisnis, Anda harus bisa satu tujuan yaitu demi kesuksesan usaha. Kemampuan dan keahlian yang di miliki oleh pasangan Anda harus lah memenuhi dengan apa yang Anda harapkan untuk mencapai tujuan tersebut.

Untuk bisa mencari pasangan bisnis yang tepat Anda harus memperhatikan beberapa hal yang menjadi persyaratan menjadi seorang partner bisnis yang baik. Tidak salahnya Anda melakukan seleksi untuk orang- orang yang berkeinginan untuk menjadi pasangan bisnis Anda. Namun untuk lebih jelasnya mengenai cara dalam memilih seorang partner bisnis yang baik Anda bisa menyimak beberapa ulasan dalam artikel ini.

Harus memilliki tujuan yang sama.

Hal pertama yang harus ada di dalam diri partner bisnis adalah memiliki tujuan yang sama dengan pelaku bisnis tersebut. Jangan sampai usaha atau bisnis yang di jalankan gagal karena bedanya maksud dan tujuan di antara para pelaku usaha. Untuk tujuan bisnis secara global tentu adalah mencapai target dan keberhasilan sebagaimana yang sudah di tetapkan sebelumnya. Sedangkan untuk tujuan- tujuan jangka pendek yang bisa di capai misalnya memenuhi tingkat  penjualan bulan ini sekian persen lebih tinggi dari bulan lalu.

Memiliki komitmen yang sama

Selain harus sama dalam hal tujuan, seorang partner bisnis yang baik juga harus memiliki komitmen yang sama. Dalam sebuah bisnis tentu ada aturan mainnya bukan? Ada hal- hal yang harus di lakukan dan ada pula hal- hal yang harus di hindari. Nah, Anda harus bisa memilih partner usaha yang bisa menjaga komitmen untuk selalu menaati peraturan atau rule of thumb dalam usaha Anda tersebut. jangan sampai usaha Anda tidak berjalan dengan lancar karena partner usaha Anda tidak bisa menjaga komitmen. Hal ini juga berlaku ketika ada rahasia dalam suatu perusahaan. Jangan sampai partner bisnis Anda justru menyebarluaskan informasi yang seharusnya hanya Anda dan dia saja yang tahu.

Harus menjunjung tinggi nilai- nilai bisnis yang sudah Anda buat.

Ketika Anda sudah membuat nilai- nilai bisnis yang ada di bisnis Anda maka usahakan bahwa orang yang Anda pilih sebagai partner bisa untuk menjunjung tinggi nilai- nilai tersebut. Misalnya Anda menentapkan profesional dalam bekerja maka jangan memilih orang yang tidak bisa bekerja secara profesional dan lain sebagainya.

Saling melengkapi kekurangan.

Point yang satu ini juga penting untuk Anda perhatikan. Usahakan Anda memilih pasangan yang bisa melengkapi kelemahan dan kekurangan Anda. Misalnya saja jika Anda kurang mahir dalam bidang marketing, maka Anda bisa memilih pasangan yang mahir dalam bidang marketing.

Itulah beberapa tips dalam memilih pasangan atau partner bisnis yang tepat yang bisa menunjang kesuksesan usaha anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *